Kamis, 29 Agustus 2013

Aku, Gue dan Saya


Seorang blogger itu sebenarnya sama saja seperti hidup dimasyarakat umumnya sama-sama berbagi pengalaman, pelajaran, tutorial, kegelisahan dan lainnya yang tapi membedakannya hanya media. Media seorang blogger itu adalah BLOG.
 Menurut Wikipedia:
“Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.”

Kebanyakan dari masalah dari seorang blogger itu adalah dalam menggunakan kat orang pertama tunggal contoh : aku, saya atau gue.

Nah, disini memang sudah terlihat perbedaan pemakaiannya. Ini juga pernah gue alami selama menjadi blogger. Mencari jadi diri sebagai blogger itu memang sulit, kita harus melihat dari mana segi kita dalam menulis. Missal, setiap kita posting sebuah blog, kita bisa melihat dari beberapa postingan yang pernah kita buat. Jenis postingan seperti apa yang menurut kita adalah diri kita. Gue pernah mencoba itu sesering mungkin, setiap gue tidak ada pekerjaan, gue sering sekali membaca ulang posting yang pernah gue tulis. Itu adalah suatu cara gue buat mencair jati diri blog gue sendiri agar para bloggers yang lain bisa membaca postingan yang gue buat tidak sedikit membosankan.

Ini juga berlaku dalam penerapan orang pertama tunggal. Dikampus, ada sebuah komunitas blogger yang memberi wadah berbagi pengalaman, sukaduka sebagai blogger dan itu adalah BLOGGER UNSRI. Gue tidak pernah berpikir bisa jadi seorang blogger. Hahaha tapi tidak tau, gue paling suka berbagi pengalaman, pengennya tutorial tapi belum ada suatu hal yang harus gue bagi karena gue masih belajar..

Temen gue satu komunitas pun pernah bilang dalam sebuah diskusi gathering yang pernah kami adakan. “Blog itu harus memiliki thema agar bisa dikenal banyak orang, dan pemakaian aku, gue, saya juga penting”

Itu sangat sulit menurut gue, kemalasan memang gak karuan mencabik.
Kalau menurut gue, pemakaian antara aku, gue dan saya itu memang sangat penting. Kenapa? karena dalam postingan kita tidak bisa menyamakan itu semua. Kalo kita ingin menulis tentang pengalaman, cerita dan masih berbau bebas lebih enak memakai “gue” karena itu lebih terkesan bebas, terbuka dan lebih nyaman seperti bercerita dengan teman sebaya dalam sebuah yang berbentuk “informal”.

Jika berbentuk artikel yang lebih formal sebaiknya menggunakan “saya” ini terkesan lebih sopan apa lagi dalam sebuah diskusi, debat atau missal menyampain yang lebih terbuka dan enak tuk dibaca dan dirasakan.

“aku” kata ini sering gue denger disebuah buku yang berbentuk puisi, fiksi atau yang lainnya. Ini menjelaskan sebuah kata ada pada tempatnya bukan hanya “sampah”.

Tulisan gue emang gak semuanya bisa gue tuangkan, ini gue tulis dengan kemampuan gue sendiri meskipun gue sadar banyak kekurangan dalam menata kalimat yang lebih konfleks.

Karena didunia ini perlu belajar dan mencoba.

1 komentar:

  1. jadi kalo yang bagus buat postingan di blog itu lebih baik gunain kat "gue" yaa mba :D hhoho

    BalasHapus

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta