Rabu, 16 Mei 2018

Tips Agar Puasa Kita Baik dan Lancar ala Tia



Assalamualaikum Blogger Kepo

Besok tanggal 17 Mei 2018 adalah hari pertama kita memasuki ibadah puasa di Bulan Suci Ramadhan, Bulan yang penuh berkah dan ibadah yang sudah ditunggu-tunggu dan Alhamdulillahnya kita masih diberi kesempatan untuk melaksanakan ibadah puasa tahun 1439 H. untuk itu aku mau membagi Tips dari aku agar puasa kita berjalan dengan baik dan Lancar.

1. Niat
   Apapun yang kita lakukan pasti harus dilakukan dengan niat, jika niat baik pasti akan dimudahkan oleh Allah Subhanahuwata’ala. Doa Niat Puasa :

"Nawaitu shauma ghodin 'an adaa'i fardhi syahri romadhoona hadihis-sanati lillahi ta'aalaa."



Kata nenekku dulu waktu kecil, sebelum makan sahur jangan lupa baca niat, biar kita gak ngerasa kelaparan hehe

2.   Makan Sahur
      Makan Sahur itu bagus kalo makannya sekitar jam 3-4 tapi karena kalo dirumah dulu kalo sahur bangunnya jam 2 karena harus nyiapian keluarga yang mau makan sahur, ini efek sebagai anak cewek dirumah, tapi setelah jadi anak kos-kebiasaan berubah karena cuma nyiapin diri sendiri. Untuk makan sahur sebaiknya makan yang banyak seratnya seperti sayur-sayuran atau buahan biar pagi kita seger dan yang terpenting perbanyak minum air putih. 


3.  Jangan tidur setelah sholat subuh
     Kebiasan yang tak baik ini. Karena tidur setelah sholat subuh biasa membuat tubuh kita jadi lemas dan gak fit. Lebih baik kita melakukan hal yang baik seperti tadarus buat menghatamkan alquran.





4.  Jangan Minum es saat buka puasa
    Kebiasaan dikeluarga aku, biasanya minuman wajib saat berbuka adalah Teh Manis Hangat. Ternyata kebiasaan ini ternyata baik loh buat kesehatan kita karena ternyata kalau kita minum es saat berbuka itu gak baik buat kesehatan lambung, karena keadaan perut yg kosong otomatis suhu didalam kita panas terus tiba-tiba disiram air es jadinya perut kita kaget dan perut akan terasa cepat kenyang. Sebaiknya minum air putih dan kurma biasa saja seperti disunnahkan Rasulullah saw.


5. Terlalu banyak makan Takjil

   biasanya kalo buka puasa pasti banyak banget makanan yang mau dimakan, nafsu pengen ini itu akhirnya dibeli dan dimakan semua tapi karena kebanyakan efeknya kita kekenyangan dan males makan nasi. Efek kekenyangan sebenernya dapat mempengaruhi efek baik dan buruknya. Kalo efek baiknya kita lupa makan nasi, ini termasuk diet sehat gak disengaja. Berat badan kita bakal turun secara gak sengaja karena efek lupa makan nasi, ini bener-bener aku alami sendiri hahha. Efek buruk dari kekenyangan adalah sholat terawih kita bakal ngantuk. Jadi biasa-biasa aja. Jangan berlebihan karena yang berlebihan itu gak baik.

 

Mungkin itu sedikit tips dari aku, ambil yang baik-baiknya yaa. Yang buruknya tinggalin ajaa. Semangat teman, semoga puasa kita lancar jayaaa. Selamat puasaaa guysss

Kalau ada tips dari teman-teman boleh koment dibawah..


2 komentar:

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta