KELEBIHAN DAN KEKURANGAN BELANJA ONLINE

May 10, 2022


Belanja adalah kebutuhan seseorang dalam memenuhi kebutuhan kesehariannya. Belanja juga bisa menjadi metode healing  bagi kebanyakan orang yang mungkin sudah kebanyakan uang. Apalagi di jaman sekarang belanja tidak sesulit dahulu membutuhkan energi dan waktu dalam memilih.

Dijaman era teknologi saat ini, untuk berbelanja sangat dimudahkan karena sudah banyak hadir toko-toko online yang mempermudah dalam berbelanja, hanya dengan smartphone dan mencari barang yang kita butuh sudah banyak pilihan.

Toko offline pun juga menyediakan jasa untuk pembelian dan pengiriman secara online dan itu menjadi solusi orang-orang yang mageran.

Antara belanja online atau offline ada kelemahan dan kelebihan yang bisa dirasakan. Kalau boleh memilih untuk saat ini saya lebih memilih belanja online, kenapa? kita bahas dibawah


KELEBIHAN BELANJA ONLINE

1. Efisiensi Waktu dan Tenaga

Beberapa hari yang lalu saya berjalan ke mall dengan sahabat saya, disaat itu hanya melihat-lihat saja siapa tau ada barang yang cocok untuk saya beli. Namun hal itu membuat saya lelah karena harus berkeliling mencari dan mendapatkan barang yang cocok dengan keinginan saya. Barang tidak dapat, waktu terbuang dan saya kelelahan kebetulan saat itu masih bulan Ramadan.

Dengan berbelanja online kita hanya perlu rebahan dikasur, membuka marketplace pada gawai kita dan mencari pada mesin pencarian e-commerce favorit kita tersebut dan kita bisa memilih banyak jenis, ukuran, motif dan harga sesuai budget kita.

     Baca juga>> Rekomendasi Online Shop di Shopee

2. Banyak Promo

Tak hanya mudah lelah, kadang pada e-commerce yang kita pilih banyak promo, mulai dari gratis ongkir (ongkos kirim) dan itu menjadi keuntungan pembeli juga namun dengan syarat dan ketentuan yang berlaku pada toko tersebut.

3. Banyak Metode Pembayaran

Dalam pembeliaan kita disuguhkan banyak metode pembayaran seperti melalui transfer bank, e-banking, COD (Cash on Delivery)  ataupun melalui Alfamart/Indomaret.


KEKURANGAN BELANJA ONLINE

1. Barang Tak Sesuai Ekspetasi

Barang tak sesuai ekpetasi pernah saya rasakan, ketika saat ingin membeli blazer ala korea dan fotonya sangat bagus namun setelah datang jauh sekali dari ekspetasi, bahannya kaku dan warna tak sesuai. Untuk itu kita perlu cermat dalam membaca deskripsi dan mengenal jenis barang yang kita ingin beli seperti bahan dan review dari  para pembeli.

2. Kedatangan Tidak Tepat Waktu

Ketidaktepatan waktu juga menjadi kendala bagi kita yang membeli barang secara online karena apa kita tidak tau masalah yang dihadapi saat pengiriman yang mengalami kondisi tak terduga. Untuk itu lebih baik membeli barang dengan rencana yang matang dan waktu tak terlalu mendekati waktu saat dibutuhkan.

3. Lebih Konsumtif

Nah, ini dia penyakit dalam berbelanja online, kadang melihat barang-barang lucu, unik tanpa sadar kita tiba-tiba checkout karena penasarang dengan barang tersebut padahal itu belum tentu kita butuhkan. Kita perlu mengatur keuangan lebih baik apalagi ketika sudah banyak mendapatkan THR, mata jadi kalap, Astaghfirullah.

    Baca juga >> Tips Menghemat Uang THR


Tulisan ini bagian dari  BPN 30 Day Ramadhan Challenge Tahun 2022 dari Blogger Perempuan, Tema Belanja Online vs Belanja Offline

With love


tiameirizta


You Might Also Like

3 comments

  1. Bener banget, belanja online membuat kita lebih konsumtif karena kemudahannya. tinggal nunul sana sini, tinggal nunggu barang datang.

    ReplyDelete
  2. Tolong dong, yang terakhir itu akurat banget 😭😭 belanja online itu bikin ketagihan emang, wkwk. Ya karena emang segampang dan sesimpel itu. Tinggal duduk manis, malah bisa sambil rebahan, pilihan banyak, banyak promo, terus transfer, tunggu sambil menjalani hidup terus barang datang sendiri yekan...

    ReplyDelete
  3. tapi di era sekarang ini kayanya udah pada milih belanja online dari pada offline, soalnya kalau online kita hanya tinggal dirumah nanti barang datang dengan sendiri. kalau untuk barang yang tidak sesuai dengan ekspektasi, kita bisa mencari review dulu dari toko dan produk yang akan kita beli. biar nggak merasa tertipu.

    ReplyDelete

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Like us on Facebook

Popular Posts