Kamis, 06 Desember 2018

5 MASALAH MEDIA SOSIAL

Diera digital saat ini, media sosial sudah jadi tren yang gak bisa ditinggalin. Semua butuh med-sos, sebagai alat komunikasi berbagi informasi di dunia maya. Sering kali kita salah dalam menggunakan med-sos itu sendiri, sehingga ada beberapa hal efek negatif yang kita terima dari melakukan hal tersebut. Efek ini mengakibatkan masalah yang tumbuh dari diri kita sendiri baik dari informasi yang kita terima maupun apa yang kita berikan. menurut pendapat saya, ada 5 Hal yang menjadi masalah itu terjadi adalah sebagai berikut :

1. Kecanduan
    Tidak usah dipungkiri, efek ini sudah sangat melekat didiri kita, sulit sekali melepaskan hal yang sering kita gunakan. Tidak hanya dalam mencari informasi, dalam penggunaan pun sudah melebihi seharusnya contohnya  bermain games.

2. Mata Radiasi
    Terkait point diatas, bila penggunaan dilakukan secara terus menerus, itu akan mengakibatkan kesehatan mata, mata lebih sering berair dalam menangkap cahaya dari layar handphone. Untuk itu, dalam penggunaannya harus dikurangi  atau menggunakan kacamata beradiasi.

3. Iri Hati
   Efek ketika dari memberi informasi pribadi di med-dos, membuat sebagian orang merasa iri dengan apa yang kita posting. Merasa ingin melakukan apa yang orang lakukan tersebut, alhasil ada hati yang iri dan ingin memiliki juga. Ini termasuk hal yang kadang-kadang membuat sebagian orang takut, menshare informasi yang mengakibatkan, orang lain akan iri apa yang kita lakukan dan begitu sebaliknya dan yang memposting merasa melakukan hal sombong. Padahal hanya sedikit berbagi, tergantung dari pemikiran-pemikiran orang-orang saja.

4. Membuang Waktu
   Terlalu banyak menggunakan med-sos, menjadikan kita menjadi manusia yang kurang produktif. Kita hanyak bisa menjadi menikmati orang-orang yang hidupnya membagi hal-hal produktif, seperti menulis, membuat kerajinan dibali. Aktifnya postingan yang bermanfaat, ada hal-hal yang dilakukan dibaliknya. Jadi, mari kita lakukan hal yang bermanfaat.

5. Pengen Tahu Urusan Orang
   Masalah penting, ketika kita ingin tahu urusan orang lain, seperti jalan-jalan kemana, makanan apa yang dimakanan dll. padahal buat apa ya? urusan kita di dunia nyata harusnya lebih penting dari pada mengurusi urusan orang lain. Nah dari hal ini mengakibatkan 4 point di atas terjadi, mulai dari kecanduan kemudian efeknya dari kesehatan mata menurun, iri hati dengan apa yang orang lain lakukan, jadinya hal-hal produktif kita terabaikan.

Ini Opiniku, terkait masalah medsos selama ini. semoga kita semua bisa sedikit merubah kebiasaan dalam menggunaan alat komunikasi dunia maya ini.


1 komentar:

  1. Point 5 : Salah satu yang bisa kita pelajari dari gaya hidup org di luar negri adalah budaya "cuek" mereka jarang sekali ngurusin hidup orang lain.

    BalasHapus

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta