ALLAH MENJADIKAN KITA TERTAWA DAN MENANGIS

May 05, 2022







Bismillah

Didalam hidup ini sudah jelas kita pasti akan merasakan hal-hal yang membuat hati kita berdurai air mata dan merasakan gelak tawa yang melegahkan.


Hal-Hal yang membuat kita sedih biasanya dari sebuah pertanyaan "Kenapa hidup kita tak sama seperti kehidupan orang lain yang mendapatkan hal dengan mudah, kenapa kita harus melakukan banyak perjuangan untuk mendapatkan hal yang mungkin kita harapkan".

Dari pertanyaan kenapa diatas, kita bisa belajar bahwa semua sudah ada ketetapannya. Dengan itu kita belajar tentang takdir Allah qada dan qadar.

       baca juga >> Suka duka menjadi PPNPN

Takdir dari Allah pasti baik, dan dibalik takdir yang Allah berikan pasti terdapat hikmah yang sangat baik. 

dalam Surat An-Najm Ayat-43

43. وَأَنَّهُۥ هُوَ أَضْحَكَ وَأَبْكَىٰ

wa annahụ huwa aḍ-ḥaka wa abkā
43. dan bahwasanya Dialah yang menjadikan orang tertawa dan menangis.

Tafsir :

Ayat ini menjelaskan bahwasanya manusia tidak luput dari dua kondisi, kalau tidak dalam keadaan senang maka sedang dalam kondisi sedih. Maka  ketika Allah ﷻ menyebutkan bahwa Allah ﷻ  yang membuat tertawa dan menangis maka Allah lah yang menciptakan sebab-sebab orang menjadi tertawa dan menangis. Kalau kondisi manusia cuma dua senang atau sedih berarti maksudnya segala urusan manusia yang mengatur adalah Allah ﷻ . Oleh karenanya tawa tidak bisa dicela secara dzatnya selama tidak berlebih-lebihan karena jika berlebih-lebihan maka akan mematikan hati, sebagaimana sabda Nabi ﷺ ,

وَلَا تُكْثِرِ الضَّحِكَ، فَإِنَّ كَثْرَةَ الضَّحِكِ تُمِيتُ القَلْوبَ

“Dan janganlah terlalu banyak tertawa. Sesungguhnya terlalu banyak tertawa dapat mematikan hati”


Ustad adi hidayat pun menjelaskan dalam sebuah akun tiktok "Kadang-kadang, Allah seakan menunda apa yang menjadi hak Anda, bukan ingin menunda untuk mendapatkan sesuatu, tapi ingin memberikan nikmat secara sempurna,"

Semoga Allah lapangkan hati kita untuk selalu dalam takdir Allah

Tulisan ini bagian dari  BPN 30 Day Ramadhan Challenge Tahun 2022 dari Blogger Perempuan, Tema Hal-hal yang membuat sedih dan tertawa

With love


tiameirizta


refensi :

https://bekalislam.firanda.com/11469-tafsir-surat-an-najm-ayat-43.html


You Might Also Like

0 comments

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Like us on Facebook

Popular Posts