LIMA KEGIATAN BERMANFAAT DIBULAN RAMADAN

April 20, 2022




Assalamualaikum teman-teman

Ramadhan adalah Bulan suci umat Islam. Ramadhan dimana pintu-pintu Pahala dibuka lebar dan membuka juga pintu-pintu ampunan. Maka, dibulan ini marilah kita bersama-sama untuk melakukan banyak kebaikan karena ini adalah bulan yang penuh berkah dan rahmat dari Allah.

di Bulan ini pun banyak hal-hal yang bermanfaat yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita.

5 Kegiatan Bermanfaat saat Bulan Ramadhan

1. Khatam Al-Quran 

Kita pasti sudah tau dan dengar bahwa dibulan Ramadhan adalah Bulannya Alquran. Alquran diturunkan dibulan ramadan pada tanggal 17 Ramadhan biasanya kita sebut Nuzulul Quran. Maka dari itu karena bulan ini adalah Bulannya Alquran. Kita berlomba-lomba untuk mengkhatamkan Alquran selama 30 hari sampai 30 Juz. Untuk mencapai 30 Juz banyak metode yang kita lakukan seperti membaca 2 lembar setiap sholat dan setiap hari.

Biasanya untuk Perempuan dengan metode One Day One Juz belum bisa tercapai dengan baik, karena hadir tamu bulanan. Untuk mencapai 30 Juz harus dirubah sedikit metodenya mungkin dalam satu hari bisa 2 Juz untuk menutupi 6 hari yang bolong itu. Semangat teman-teman semua semoga kita bisa khatam dibulan ini. Aamiin.

2. Tadabur Alquran

Selain membaca dan mengkhatamkan Al-Quran, kita juga bisa sambil mentadaburkan ayat-ayat alquran yang kita baca dan kita tulis dibuku untuk kita refleksikan ke dalam kehidupan kita. Sebagai dasar muhasabah diri juga agar kita tidak hanya membaca alquran dengan bahasa arab saja tapi juga kita bisa membaca terjemahan dan tafsirnya. Dibulan inilah kita dapat memperbaiki kebiasaan kita agar menjadi lebih baik dihari-hari berikutnya. 





3. Sedekah

Bersedekah dibulan Ramadhan pun Allah berikan Pahala 2 kali lipat dibanding sedekah hari-hari biasa. kita bisa melakukannya seperti membagikan takjil-takjil keteman-teman yang ada sedang bekerja diluar (tukang becak, tukang ojek dll). Bisa juga kepanti asuhan.

baca juga > FENOMENA PUASA SAAT DIMASA PANDEMI - BOLEH BUKBER ASAL JANGAN NGOBROL

4. Membaca Buku

Membaca Buku bukan termasuk hobby akhir-akhir ini tapi saya suka membeli buku. Sampai sudah banyak buku yang tidak saya baca. Nah, dimoment inilah menjadi kesempatan untuk menambah wawasan khususnya buku bernuansa Islam.

5. Menulis Alquran


Sekitar tahun lalu, saya membeli sebuah Mushaf Tulis. Niatnya agar membiasakan tulisan arabku semakin baik dan juga sebagaii metode untuk menghapal. Makanya saya memulai dari Juz 30.


Demikian hal-hal yang bermanfaat untuk bisa dilakukan saat bulan puasa. Bagaimana dengan kegiatan teman, boleh sharing dikomen ya

Tulisan ini bagian dari  BPN 30 Day Ramadhan Challenge Tahun 2022 dari Blogger Perempuan

With love


tiameirizta

You Might Also Like

1 comments

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Like us on Facebook

Popular Posts