Tujuan Mengembangkan Personal Blog

April 23, 2022



Assalamualaikum teman-teman semua

Sebagai seorang blogger sebenarnya bukan sebuah impian dari kecil. Hal itu tumbuh dari sebuah artikel yang dibuat oleh paman ketika saya ingin memasuki bangku perkuliahan sekitar 2010 yang lalu.

Berawal dari membaca blog tentang desa kelahiran saya tersebut yang berjudul "Desaku Bailangu". Lalu memutuskan untuk membuat sebuah blog personal, yang isinya curhatan anak yang baru lulus SMA.

Semenjak kecil saya hobi menulis dan bercerita kedalam buku diary daripada bercerita kepada orang lain, mungkin itulah semangat awal saya untuk membuat sebuah blog tanpa pikir panjang walaupun tidak tahu cara menggunakannya, yang penting daftar dulu.

Berbekal itu saya akhirnya mencoba-coba mengotak-atik blogspot.

    Baca juga > kenapa memilih blogspot

Saat perjalanan dibangku perkuliahan, tiba dimana akhirnya saya menemukan sebuah komunitas dikampus yang bernama "Blogger Unsri". Kemudian saya join dalam komunitas tersebut. Blogger Unsri didirikan oleh kakak tingkat saya dikampus dulu.

Berbekal mengikuti komunitas Blogger Unsri, disini saya banyak belajar ternyata blogger bukan hanya curhatan saja, tapi juga bisa menemukan jati diri saya itulah kenapa ada sebuah niche, istilahnya personal branding.

Awalnya saya bingung, apa niche saya sebenarnya. Masih merabah-rabah arah dan tujuan blog ini akan kemana.

Setelah itu bertemu sebuah platform yang bernama Blogger Perempuan, nah diplatform ini banyak sekali jenis-jenis kategori tulisan, seperti traveling, lifestyle, craft dan lain lain.

Sejak saat itu apa-apa yang saya tulis, saya coba baginya disini, karena yang baca adalah orang yang tidak saya kenal. Haha karena saya malu untuk membagikan ke sosial media milik saya. Karena isinya curhat-curhatan.

Saya pun juga mengikuti Komunitas Tapis Blogger di Lampung, untuk menambah wawasan didunia blog dan memperbanyak relasi antar blogger. 

TUJUAN MENGEMBANGKAN SEBUAH BLOG, diantaranya adalah

1. Jejak Sejarah

Menjadi seorang blogger tidak menentu mengutarakan semua curhatan yang ada di kehidupan, tapi jejak sejarah untuk pribadi dan anak-cucu kelak. Mungkin suatu saat akan dibaca oleh anak cucu keturunan kita kelak sebagai inspirasi. Kategorinya seperti Traveling atau juga hadir ke event-event penting yang bermanfaat.

2. Membantu Orang Lain

Berbekal pengalaman yang kita alami, kita bisa menyimpulkan kelebihan dan kekurangan apa yang kita rasakan, dengan menulis blog kita bisa menyampaikan tips dan trik untuk membantu orang lain yang sedang membutuhkan informasi seperti yang kita alami, contohnya tutorial atau review produk.

3. Menyebarkan Informasi yang bermanfaat

Mungkin sama halnya dengan point kedua, namun ilmu yang bermanfaat disini seperti edukasi seputar keagamaan atau pendidikan. Tujuannya untuk menambah wawasan kita dalam berpengetahuan.

4. Hobby jadi Profesi

Saya tak menyangka bahwa hobby ngeblog bisa menambah pundi-pundi rupiah. contohnya dengan mengikuti Blog Challenge yang diadakan Blogger Perempuan ini. contoh lainya dengan bekerjasama, google adsense dan banyak peluang lainnya. 

Demikian mungkin tujuan mengembangan sebuah blog, mungkin ada diantara teman-teman bisa menambahkan dikolom komentar.

Terima kasih sudah berkunjung.

Tulisan ini bagian dari  BPN 30 Day Ramadhan Challenge Tahun 2022 dari Blogger Perempuan

With love


tiameirizta



You Might Also Like

6 comments

  1. Wow keren banget kak tujuannya. Kalau saya sih diawali dg curhat pribadi, anak, keluarga sampai ke muka 😁

    ReplyDelete
  2. keren banget. Semoga betah dan semangat terus nge-blognya kakak.

    ReplyDelete
  3. saya ngeblog mungkin sejak tahun 2007. saat itu saya hanya ikut ikutan tren. sama sekali tidak berpikir apa tujuannya. dan alhamdulillah secara sengaja sedikit2 bisa memberi manfaat kepada pembaca dan diri saya sendiri sampai sekarang :-)

    ReplyDelete
  4. Sama mba, saya juga dulu pertama kali bikin blog itu untuk curhat zaman sekolah
    Berlanjut sampai kuliah dan akhirnya bikin TLD karena didukung oleh suami

    ReplyDelete
  5. Seorang blogger memang wajib ikut komunitas blogger, karena dikomunitas ini blogger dapat mengupgrade keterampilannya, agar terus dapat mengikuti perkembangan blog yang dinamis

    ReplyDelete
  6. Kalau saya memang ada rencana untuk jadi blogger ini sebagai bagian darii jadi profesi kalau bisa. Karena pengen meniti karier di dunia kepenulisan

    ReplyDelete

Selesai berkomentar ucapkan Alhamdulillah
@tiameirizta

Powered by Blogger.

Wikipedia

Search results

Like us on Facebook

Popular Posts